4 Tips Jualan di Instagram agar hasil bisa optimal

Dalam menjalani bisnis berjualan di platform media sosial sepertinya menjadi salah satu opsi paling efektif untuk meningkatkan sales bisnis. Selain memang populer, platform media sosial sepertinya memang menjadi platform yang sangat sering orang kunjungi, tanpa terkecuali orang-orang di Indonesia.

Dan salah satu platform yang sangat berpotensi menghasilkan konversi yang tinggi adalah Instagram bermodalkan gadget & kuota internet saja, sebagai pebisnis, kita pun bisa mendapatkan pundi-pundi Rupiah dan menekan biaya jualan se-ekonomis dan sesedikit mungkin ketika berjualan di Instagram.

Hal-hal itulah yang mungkin menjadi alasan banyak sekali para Pebisnis memanfaatkan Instagram sebagai platform jualan online-nya. tapi apakah kamu tahu sebenarnya bagaimana & apa saja cara efektif berjualan di Instagram agar bisa optimal dan laris?

Tidak semua pebisnis mengetahui bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan hasil yang optimal dari jualan online nya.

Dalam artikel ini saya akan membahas : Tips Jualan Di Instagram Agar Optimal dan Laris yang telah saya rangkum dari video pembahasan Niko Julius, seorang Instagram Expert & Digital Marketer, di channel Youtube beliau sendiri “Niko Julius.”

Mari kita bahas..

1 Pahami Instagram User Flow

Berbicara tentang Instagram user, tentu banyak hal yang dilakukan ketika surfing di Instagram, mulai dari melihat berbagai macam postingan, berkomunikasi dengan teman, hingga berjualan online atau lainnya.

foto by pexels

Dalam berjualan online di Instagram, kamu perlu pahami dulu bagaimana & apa saja tahapan para pengguna Instagram, atau mungkin followers Anda, sebelum akhirnya menjadi customer bisnis di Instagram.

Tidak lain tidak bukan, tentu tahap awal yang mereka lalui adalah melihat / menemukan konten jualan kamu di Instagram, baik itu melalui feed post / reels (untuk jangkauan seluruh user Instagram), atau mungkin juga IG Story (untuk jangkauan followers aktif).

Setelah melihat konten, biasanya orang yang tertarik dengan konten kamu akan merasa kepo dengan profil Instagram bisnis kamu. Seperti apa tampilannya, testimoninya, dan lain-lain. Sehingga pada akhirnya, mereka pun melakukan kunjungan profile / profile visit.

Ketika berada di tahapan profile visit, mereka bisa-bisa saja memfollow akun bisnis kamu / mengecek bio link / mengirim DM (Direct Message) / mungkin juga mengecek highlight story.

Mereka yang mengklik bio link biasanya akan ter-direct ke Website / WhatsApp, dan kemungkinan besar ketertarikan mereka membeli produk jualan Anda pun semakin lebih besar.

Dari sini, kamu bisa lihat bahwa satu tahap yang paling vital dan bisa jadi sangat menentukan untuk bisa menarik pengguna Instagram / followers kamu menjadi customer adalah tahapan profile visit.

Karena Itulah mengapa sebagai pebisnis, kamu perlu juga untuk mengoptimasi tampilan profil akun Instagram bisnis kamu. Dan cara yang mungkin paling mudah & simple adalah dengan melakukan optimasi kata kunci akun Instagram bisnis kamu.

Baca Juga : 5 Tips Tingkatkan Social Media Branding

2 Optimasi Kata Kunci Akun Instagram Bisnis

Setelah tadi kamu pahami Instagram User Flow, tentu kamu juga ingin akun Instagram bisnis kamu muncul di pencarian bukan?

foto by unsplash

Mudah saja, kamu bisa mulai optimasi kata kunci akun Instagram bisnis kamu dengan mencantumkan nama produk jualan ka u di username instagram / di nama profil akun Instagram bisnis.

Contoh produk yang kamu jual adalah Sepatu, maka kamu bisa memakai kata kunci “Sepatu” di username / di nama profil instagram bisnis kamu (misal, SepatuKece / Sepatu Casual Untuk Style Anda).

Lebih bagus lagi jika kamu memiliki nama brand sendiri, kamu bisa pakai nama brand tersebut di username, dan kata kunci “Sepatu” di nama profil Instagram.

Jadi selain membangun brand, kamu juga bisa membangun traffic pencarian produk jualan kamu.

Berbicara tentang kata kunci & traffic pencariannya, mungkin sebagian besar orang lebih suka ketika menamai produk jualan nya dengan bahasa Inggris, misal seperti Shoes, agar lebih terkesan premium.

Tapi disini, kamu juga perlu melakukan riset kata kunci dulu mana yang lebih sering orang cari akhir-akhir ini, kata kunci “Sepatu” kah atau “Shoes”. Nah untuk melakukan riset ini, kita bisa menggunakan tools yang ada, seperti via Google Trends.

Jika ternyata data dari Google Trends memperlihatkan bahwa kata kunci “Sepatu” lebih sering dicari belakangan ini, maka kamu bisa memilih kata kunci “Sepatu” agar peluang akun Instagram bisnis sepatu Anda untuk muncul di pencarian lebih tinggi lagi.

Dan jika kamu ingin membuat akun kamu muncul di pencarian paling atas, kamu juga perlu untuk menaikkan tingkat keaktifan akun Instagram bisnis kamu.

Artinya, kamu perlu untuk sering-sering melakukan aktivitas posting di akun bisnis kamu, minimal sehari sekali atau berkali-kali dengan jeda ideal 4-5 jam.

Semakin akun kamu aktif, semakin mudah produk kamu dicari dan ditemui. Dan semakin mudah produk kamu ditemui, maka semakin besar pula peluang orang membeli produk jualan kamu.

3 Optimasi Deskripsi Bio Instagram Bisnis

Lagi-lagi kaitannya dengan profile visit, hal selanjutnya yang juga perlu kamu optimasi selain kata kunci adalah tampilan deskripsi bio instagram bisnis kamu.

foto by unsplash

Pertama kali yang dilihat dan dibaca oleh pengunjung profil tentu bagian deskripsi bio, dengan harapan mereka dapat informasi menyeluruh tentang apa brand dan produk dari akun Instagram bisnis yang mereka kunjungi tersebut.

Berbicara tentang cara mengoptimasi-nya, kamu bisa mencantumkan beberapa hal berikut dalam bio instagram bisnis kamu :

  • Informasi (apa brand Anda & mungkin cantumkan jumlah review juga agar lebih trusted).
  • Penawaran (promosi / diskon agar pengunjung lebih tertarik lagi untuk membeli).
  • Garansi (pengembalian barang, dll)..
  • Ajakan bertindak yang jelas (misal, “Untuk order, klik link dibawah ini”).

4 Pahami Pentingnya Faktor Psikologis Audience

Mungkin sudah bukan hal yang aneh lagi jika sebagian besar orang cenderung lebih tertarik dengan tampilan visual.

foto by unsplash

Dan faktor psikologis visualisasi tersebut bisa saja membuat orang berubah pikiran dalam hitungan detik saja.

Dalam kaitannya dengan visual profil Instagram, tentu pengunjung akun Instagram pun akan lebih tertarik dengan visual / tampilan akun Instagram bisnis yang padat & menarik perhatian.

Semakin menarik / bahkan semakin aesthetic & professional visual profil akun Instagram bisnis kamu, semakin tertarik orang untuk sering berkunjung dan berlama-lama scrolling di profil bisnis kamu.

Semakin sering followers kunjung, maka semakin besar pula peluang jualan kamu lebih dikenal dan berujung sales. Nah itulah 4 tips yang bisa kamu coba untuk mulai mengoptimalkan penjualan kamu di Instagram agar lebih laris lagi.

artikel ini merupakan Rangkuman yang saya ambil dari video YouTube Channel Niko Julius berikut :

Cara Jualan di Instagram agar Optimal & Laris (TERBUKTI)

Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *