5 Cara Membangun Relasi

Dalam kehidupan, terutama dalam berbisnis, relasi itu penting karena memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membuat bisnis kamu semakin berkembang pesat.

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak bisa hidup sendiri. Walaupun ada yang bisa, pasti dia akan merasa kesulitan menghadapinya. Untuk itu membangun relasi itu penting. Bukan hanya bisnis tapi juga relasi pribadi dan hubungan dengan orang lain.

Karenanya, artikel kali ini membahas materu dari sebuah Buku berjudul “Never Eat Alone” karya Keith Ferrazzi. Sebuah buku yang membahas mengenai cara membangun hubungan atau relationship dalam kehidupan, berbisnis dan lainnya.

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari buku ini, dan saking banyaknya, saya hanya akan membahas 5 Cara Membangun Relasi yang bisa diambil dari buku ini.

sekarang mari kita bahas satu persatu

1. Anda tidak bisa berkembang pesat & jauh sendirian

Jika kamu ingin berkembang dengan cepat, kamu bisa melakukannya sendirian. akan Tetapi, Jika kamu ingin berkembang lebih jauh cepat dan hebat, kamu harus melakukannya dengan bantuan orang lain.

5 Cara Membangun Relasi
Foto by pexels

Dari sini diajarkan jika manusia itu memiliki batasannya sendiri apabila dirinya hanya sendiri dan cara untuk menutupi batasan itu adalah dengan bantuan orang lain. Sesuai dengan judul bukunya “Never Eat Alone”, jangan makan sendiri.

untuk kehidupan pribadi pun dengan bantuan dari orang lain maka kehidupan pun akan lebih mudah. jika anda pelajar belajar bermasa akan lebih baik dari pada anda sendiran.

Dalam berbisnis juga sama. jika kamu mau scale-up bisnis secara besar-besaran, dibutuhkan banyak karyawan dan pihak-pihak lainnya karena kamu ga mungkin tidak akan bisa melakukan hal tersebut sendirian.

untuk bisa berkembang cepat kamu butuh bantuan dari orang lain.

2. Membangun Relasi itu seperti menanam

Membangun relasi merupakan sesuatu yang penting dan sangat bermanfaat dalam kehidupan.

Foto by pexels

Relasi merupakan salah satu faktor pendukung untuk meraih kesuksesan. Dan untuk mendapatkan itu tidak mudah dan mungkin membutuhkan waktu yang panjang.

membangun hubungan atau relationship dalam kehidupan, atau berbisnis dapat di analogikan seperti menanam.

makanya Semakin banyak kamu menanam alias membangun relasi, maka semakin banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Karenanya, membangun relasi itu samakan artikan dengan menanam.

Dalam kehidupan juga begitu, semakin banyak Anda menjalin hubungan atau teman, maka akan ada banyak manfaat dan koneksi yang terbentuk nantinya.

Baca Juga : Tips Membuat Tim Impian

3. Tanyakan Tentang Apapun

Dalam membangun hubungan dan relasi pasti dibutuhkan komunikasi, entah dalam bentuk apapun. Sebab, orang tidak bisa membaca isi hati dan pikiran.

5 Cara Membangun Relasi
Foto by pexels

oleh karena itu, salah satu caranya agar saling mengerti adalah saling bertanya, Anda bisa menanyakan hal-hal yang menurut Anda penting seperti nasihat, kegelisahan dan lainnya.

tanyakan saja apapun ngobrol secara bebas tapi semua itu tanpa melukai relasi kamu.

Mungkin kamu tahu mengenai kekurangan kamu tetapi mungkin orang lain lebih tahu apa hal yang mampu mendorong kamu lebih maju.

4. Relasi Tumbuh secara Exponensial

Jika kamu membangun hubungan dengan 1 orang, mungkin berkat 1 orang tersebut relasi/teman kamu bisa bertambah menjadi 5 dan jika membangun relasi dari 5 orang tersebut lagi, mungkin akan bertambah lagi menjadi 25 dan seterusnya.

foto by pexels

dan Jika kamu memiliki peran penting dalam membangun relasi, bisa saja relasi yang akan kamu dapatkan akan jauh lebih tinggi dari yang kamu ekspektasi.

Hal itu disebabkan karena semakin banyak relasi yang dibangun, maka perlahan akan bertambah terus menerus.

Agar relasi bisa tumbuh secara exponensial, tentunya tidak mudah. Setidaknya, kamu perlu memiliki kesan dan diingat oleh orang-orang.

dan kamu tidak perlu memiliki skill yang hebat dari orang lain, yang terpenting adalah bagaimana caranya membangun hubungan di dalamnya.

5. Saling Membantu

Dalam membangun relasi/pertemanan dan berbisnis, niatkanlah untuk saling membantu karena dengan saling membantu, artinya Anda memberikan solusi yang dibutuhkan oleh mereka.

setiap ada kesulitan yang mereka alami kamu bisa memberikan solusi dengan membantu sebisa mungkin.

Dan dengan saling membantu itu, suatu saat akan menghasilkan timbal balik kepada kepada anda.

Itulah dia 5 Cara Membangun Relasi yang bisa diambil dari Buku berjudul “Never Eat Alone” karya Keith Ferrazzi.

jika kamu mau memulai membangun relasi bagaimana cara memulainya? kira-kira apa yang bisa kita lakukan saat ini?

Dapatkan 200 Nama yang Akan Berpengaruh Dalam Hidup kamu

Kita bisa mulai mencari dan menemukan 200 nama orang yang mungkin akan memberikan pengaruh yang bagi diri kamu,di dalam kehudupan, bisnis, dan juga cita-cita kamu.

Dari 200 nama itu, pilihlah 20-50 yang menjadi prioritas kamuuntuk membangun hubungan yang kuat.

Setelah itu, mulailah menghitung seberapa dekat kamu dengan orang-orang tersebut.

Keith sendiri memiliki semacam metriks untuk menghitung seberapa bagus networking Anda.

Caranya? Klasifikasikan orang-orang tersebut dengan skor sebagai berikut:

  • 0 untuk orang belum pernah kamu temui
  • 1 untuk Nama yang sering kamu dengar
  • 2 untuk yang sedang dalam pendekatan
  • 3 untuk orang yang sudah berteman dan dekat dengan kita

Dan hitunglah skor-skor tersebut dengan cara total skor dibagi dengan jumlah orangnya, disana kamu akan menemukan poin networking kamu.

Menurut Keith sendiri point networking yang bagus setidaknya memiliki point minimal 1,5 dan hal ini bisa mulai kamu terapkan hari ini.

Dalam dunia online marketing, kemungkinan besar lebih dari separuh komunikasi kita ke pelanggan, partner, atau siapapun yang berhubungan dengan bisnis kita adalah dalam bentuk tulisan. ini lah 5 Cara Membangun Relasi

Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan.

Semoga Bermanfaat

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *