5 konsep menghadapi uang : Psychology of Money

5 konsep menghadapi uang, di dalam konsep ini akan membantu anda dalam mehadapi keputusan finansial yang tepat

pertama di dalam blog ini saya akan membahas sebuah materi dari buku berjudul Psychology Of Money yang tulis oleh Morgan Housel, di dalam buku ini membahas tentang pengaruh psikologi atau tindakan manusia terhadap keputusan finansial.

artikel blog kali ini merangkum dari buku Psychology Of Money, dan untuk memudahkan pemahaman atas buku ini jadi rangkumannya hanya akan di ambil yang pentingngnya saja.

buku Psychology of Money

Morgan Housel menjabarkan beberapa konsep tindakan manusia yang sekiranya dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan yang lebih baik.

Konsep ini dikemas sesederhana mungkin dengan menambahkan beberapa cerita yang relate dengan kehidupan, jadi lebih mudah untuk Anda dipahami

Berikut 5 konsep menghadapi uang : Psychology of Money yang anda dapat diterapkan :

Setiap orang mempunyai pengalaman terhadap uang dan ekonomi yang berbeda

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat risiko dan keuntungan ketika berurusan dengan pengalokasian uang.

foto by unsplsh.com

Contohnya, anak orang kaya yang tumbuh di masa inflasi tinggi akan mempunyai pendekatan yang berbeda terhadap uang jika dibandingkan dengan orang lain yang tumbuh di saat harga-harga barang stabil meskipun mereka berdua memiliki kekayaan yang jumlahnya relatif sama.

Mereka akan berpikir bahwa mereka tahu bagaimana cara dunia bekerja, padahal mereka hanya merasakan secuil dari realitas yang terjadi di sekeliling dunia. 

Maka dari itu Morgan Housel menyarankan kita untuk menggunakan pendekatan “we know less than we’d like to think we do” dalam memahami psikologi uang.

Baca juga : 13 Tipe Headline copywriting

Fokus Pada Pola-Pola Umum Untuk Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Tapi jangan terobsesi pada satu strategi yang diterapkan oleh orang lain karena bisa jadi mereka sudah punya hak istimewa berupa “koneksi” dan kekuasaan, alih-alih menjadi penerang, nasihatnya bisa menjadi bumerang untuk Anda.

 Morgan Housel menyarankan satu pola yang bisa Anda terapkan yaitu mengatur struktur sendiri dari keseharian agar pekerjaan Anda lebih merasa bahagia.

Rasa Iri Membuatmu Gegabah dalam Bertindak

Rasa iri bisa membuat Anda bertindak gegabah dan “biaya” yang harus Anda bayarkan untuk menebus tindakan tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 Padahal meninggalkan beberapa “kesempatan” bukan berarti kamu melewatkan sesuatu yang penting.

 Tetapi hal itu menjadi sebuah pengakuan kalau melahap segala hal yang ada akan mendorong Anda ke titik penyesalan.

Mengumpulkan Harta Lebih Mudah Daripada Menjaganya

Pola pikir yang harus dibangun untuk mengumpulkan uang adalah berani ambil resiko dan punya optimisme yang tinggi.

Sedangkan untuk menjaga kekayaan dibutuhkan tindakan psikologis yang berbeda yaitu memiliki rasa takut kehilangan.

 ika Anda takut akan kehilangan, Anda akan melihat potensi kemenangan saat ada kesempatan.

Hal seperti ini yang membuat Anda mendapatkan kemenangan kecil daripada mengambil resiko besar yang dapat memusnahkan seluruh harta Anda.

Dengan pandangan ini, Anda akan lebih bijaksana dalam membuat keputusan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Alokasikan Uang Untuk Berinvestasi Pada Banyak Jenis Aset yang Berbeda

Salah satu investasi yang disarankan adalah mengoleksi barang antik, karena jika Anda jual kembali di tahun berikutnya harga jual akan lebih tinggi daripada harga beli yang Anda keluarkan.

Anda bisa memulainya dengan mengoleksi beberapa karya seni dari seniman terkenal misalnya.

Anda disarankan untuk tidak membeli karya yang disukai, Tapi membeli semua karya seni yang bisa dibeli dan menyimpannya hingga beberapa dari karya tersebut melambung harganya.

Intinya adalah ketika Anda dapat membuat beberapa keputusan yang baik, Anda akan memiliki ruang sedikit lebih banyak untuk berbuat “kesalahan” dalam kasus berinvestasi, karena kegagalan adalah sesuatu yang tak dapat dihindari

Dengan kata lain, jika Anda hanya memiliki satu Picasso di antara 100 karya seni, kamu tak perlu mengkhawatirkan jika 99 karya lainnya tak memiliki nilai di atas rata-rata.

sudut pandang setiap orang terkait uang akan selalu berbeda dan tindakan untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan juga sangat banyak yang bisa dipelajari.

Sekarang mungkin saatnya Anda terapkan 5 konsep Psychology Of Money di atas, agar Anda bisa lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi atau mengalokasikan uang demi hidup yang lebih sejahtera.

Selamat bermanfaat

Niagahoster discount up to 70%

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *