5 Tips Market Research dan Mengoptimalkannya

Dalam semua kegiatan bisnis, market research atau riset pasar menjadi hal paling penting untuk kamu lakukan. karena dengan melakukan riset pasar, kamu dapat menganalisis berbagai macam peluang guna mencapai tujuan bisnis.

Misalnya kamu bisa mengumpulkan informasi seputar audiens atau target pasar, menentukan strategi pertumbuhan bisnis dan maketing plan kedepannya, menganalisis kompetitor atau competitive analysis, hingga mengetahui posisi di pasar (market positioning) dan menentukan market share.

Market research sendiri merupakan kegiatan mengumpulkan data tentang customer atau target pasar, dan menganalisis customer data tersebut. Tujuannya sendiri untuk memberikan jawaban atas masalah yang timbul dalam bisnis.

Dengan mengumpulkan informasi dan mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan yang muncul, maka kamu dapat mengurangi risiko yang timbul, bahkan mencegah terjadinya pure risk dan kegagalan dalam bisnis.

terus, di dalam arikel ini saya akan membahas metode apa saja yang bisa kamu gunakan untuk melakukan market research?

Table of Contents
No header found

Manfaat Market Research untuk Bisnis

Dari pemaparan di atas, dapat kita ketahui bahwa riset market memberikan sangat banyak manfaat untuk bisnis.

foto by pexels

Beberapa di antaranya adalah membantu pebisnis untuk lebih mengetahui kebutuhan pasar (market orientation), mengetahui kualitas produk yang pelanggan butuhkan, serta mencari tahu besarnya tingkat permintaan (demand generation) dari suatu produk.

dari Riset pasar juga membantu mengurangi risiko, serta mendukung analisis manfaat dan pengambilan keputusan perusahaan (CBA). Terutama bagi perusahaan yang sedang menjalankan growth hack marketing.

Tanpa riset pasar, kamu tidak bisa mengetahui apakah kegiatan marketing campaign atau kampanye pemasaran bisa memberikan hasil yang maksimal. kamu juga akan kesulitan dalam proses product development atau mengembangkan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

Efeknya, kamu juga tidak dapat menganalisis pesaing atau lebih unggul dari kompetitor.

Baca Juga : 10 Strategi Branding Untuk Tingkatkan Brand/Merek

Metode Market Research

Metode market research sangat berguna untuk mengukur keberhasilan suatu rencana bisnis (business plan) dan strategi bisnis secara keseluruhan.

foto by pexels

Lalu, apa saja metode yang bisa kamu terapkan untuk melakukan market research secara efektif dan maksimal? Berikut adalah 5 metode yang bisa kamu coba terapkan:

1 Metode Survei

Survei menjadi metode pertama dalam riset market yang bisa kamu terapkan. Ini merupakan metode di mana kamu bisa mengirimkan survei berupa kuesioner atau pertanyaan pada customer.

Nantinya, kamu akan mendapatkan umpan balik atau customer feedback dari hasil survei tersebut. Semakin banyak survei yang kamu lakukan, maka akurasinya pun akan semakin tinggi pula. Begitu pula hasilnya yang akan semakin signifikan.

Beberapa metode survei yang bisa kamu pakai antara lain:

Survei langsung Tatap Muka

Survei ini umumnya terjadi di tempat-tempat ramai dengan banyak orang. Misalnya tempat umum, pusat perbelanjaan, atau taman. Survei ini sama halnya dengan melakukan direct marketing, di mana kamu akan berinteraksi secara langsung dengan customer.

Caranya, kamu bisa melakukan wawancara langsung kepada beberapa orang di tempat umum tersebut.

Survei langsung Menggunakan Kuesioner

Jenis survei ini sebenarnya sama saja dengan survei tatap muka. Namun, bedanya kamu tidak perlu melakukan wawancara secara langsung melainkan hanya memberikan kuesioner survei.

Survei Telepon

Sesuai dengan namanya, survei ini bisa kamu lakukan dengan cara menghubungi customer secara langsung melalui panggilan telepon. Biasanya, kamu bisa menghubungi customer melalui customer service. Umumnya survei ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk. Beberapa jenis survei yang bisa kamu pilih adalah NPS (net promoter score), customer satisfaction score, hingga CES (customer effort score).

Survei Email

Merupakan metode survei dengan cara mengirim kuesioner melalui email marketing. Biasanya, tingkat respons menggunakan metode ini hanya berkisar 3-5%. Akan tetapi, jenis survei ini hanya membutuhkan biaya yang sedikit, sehingga cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas.

2 Metode Observasi

Selanjutnya adalah metode observasi. Metode ini bisa kamu pilih apabila surveyor tidak tertarik dengan survei yang Anda lakukan. Bahkan tak jarang, surveyor cenderung mengisi survei secara asal-asalan sehingga tidak memberikan hasil yang akurat. Maka dari itu, dengan mengobservasi perilaku konsumen saat bekerja atau berbelanja, hal tersebut akan membantu kamu memahami consumer behavior. Kendati demikian, metode ini cenderung membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan data yang akurat.

3 Riset Lapangan

Metode ini dijalankan dengan cara meluncurkan produk baru (product launch) di beberapa lokasi potensial. Misalnya di tempat umum yang ramai. Tujuannya untuk melihat bagaimana respons pelanggan secara langsung. Nantinya, hasil riset tersebut berguna untuk melakukan penyesuaian harga yang tepat dan menyempurnakan produk.

Metode ini membutuhkan banyak informasi dari toko tempat penjualan produk, lingkungan bisnis, mitra bisnis yang berkaitan, hingga strategi marketing campaign yang digunakan untuk memudahkan pengujian dan pengumpulan informasi.

4 Metode Wawancara Kelompok

Metode ini bisa kamu terapkan dengan mengundang sekelompok orang ke suatu tempat yang sudah tersedia perangkat perekam audio dan video. Kemudian tim market research akan menyiapkan kuesioner. Biasanya dalam bentuk pertanyaan terbuka dan memimpin diskusi di antara kelompok tersebut untuk mendapatkan informasi yang penting untuk bahan riset.

5 Metode Analisis Sentimen

Yang terakhir adalah market research dengan menganalisis sentimen pelanggan. Metode ini berdasarkan pada kebutuhan pencarian dan perilaku konsumen di internet. Misalnya di berbagai social media atau search engine. kamu perlu mengumpulkan data ini dari hari ke hari untuk mengetahui pola dan mendapatkan informasi yang akurat.

Beberapa perusahaan tak jarang memakai cara research keyword secara online untuk mengetahui kepadatan populasi pencarian dan melihat potensi pengguna.

Cara Menerapkan Market Research Yang Efektif

foto by unsplash

Untuk melakukan riset market yang tepat, kamu harus menerapkan beberapa tahapan berikut. Yaitu:

1 Menentukan Tujuan Bisnis dan Identifikasi Masalah

Efektivitas market research bisa sangat bergantung pada identifikasi masalah dan tujuan bisnis kamu. Apabila kamu salah mengidentifikasi masalah yang ada di perusahaan, maka semua informasi yang kamu kumpulkan tidak ada artinya. Sehingga langkah pertama ini sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan.

2 Pilih Metode yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih metode yang tepat. Carilah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Jangan lupa pula untuk memilih metode yang memberikan hasil tercepat dan akurat. Dengan memilih metode yang tepat, kamu juga bisa mengefisiensi pengeluaran atau total biaya untuk riset.

3 Merancang Kuesioner Riset Pasar

Pada dasarnya masing-masing metode riset pasar memang memerlukan persiapan yang berbeda. Akan tetapi, secara umum kamu tetap perlu melakukan perencanaan, penyusunan kuesioner riset pasar dan merancang proses riset yang menyeluruh untuk memperoleh informasi yang berkualitas.

4 Mengumpulkan Informasi

Langkah market research berikutnya adalah mengumpulkan informasi. Caranya kamu perlu melanjutkan untuk mendekati subjek yang membutuhkan informasi untuk mengirimkan survei pasar, wawancara, observasi, dan tes. Selama proses ini, kamu wajib mencatat tanggapan dan perilaku pelanggan.

5 Menilai Situasi Pasar dan Identifikasi Tren

Ini merupakan langkah di mana semua orang yang terlibat di perusahaan perlu mempertimbangkan apakah hasil yang riset telah memecahkan masalah atau tidak. Kemudian menerapkan hasil tersebut untuk mengembangkan strategi pemasaran selanjutnya.

kamu juga harus menyesuaikan strategi tersebut dengan tren yang sedang berkembang saat ini. Sebab, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, mayoritas orang memang mengalami kecenderungan untuk takut ketinggalan tren atau FOMO (fear of missing out).

Sehingga menyesuaikan strategi bisnis dan tren adalah langkah jitu dalam kesuksesan riset market. Demikian adalah ulasan mengenai metode market research yang perlu kamu ketahui.

semoga bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *