6 Taktik Jitu Dongkrak Sales di FYP TikTok

Disadari atau tidak, saat ini platform TikTok kini tengah menjadi salah satu platform medsos favorit orang-orang di berbagai macam negara.

sebagai pengguna, TikTok memang memiliki keunikannya sendiri dengan tampilan jenis kontennya yang berbeda dari konten-konten di platform medsos lainnya, dengan Berbagai macam jenis video singkat yang dipersonalisasi untuk setiap penggunanya menjadikan platform ini sangat membantu pebisnis untuk meningkatkan brand awareness dan melakukan marketing.

Berbicara tentang konten nya sendiri, setiap pengguna TikTok memiliki kesempatan untuk bisa viral lewat ‘For Your Page’ atau yang lebih dikenal dengan istilah FYP. Apalagi algoritma TikTok yang memang terlihat lebih cepat daripada platform medsos lainnya dalam membantu konten Anda viral via FYP TikTok.

artikel blok kali ini saya akan membahas mengenai Teknik Membuat Konten FYP TikTok yang telah saya rangkum dari video pembahasan marketing, di channel Youtube “TDA TV.” mari kita bahas..

Table of Contents
No header found

Mengapa TikTok?

Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya kok bisa sihTikTok sangat laris dan mulai banyak dipercaya oleh para pelaku bisnis untuk promosi?

foto by unsplash

Lagi, jawabannya ada di algoritma TikTok. Sebenarnya, siapapun berpotensi untuk viral, baik yang followersnya masih 0 atau yang sudah ratusan / lebih.

Jadi meskipun orang tidak follow atau tidak kenal kamu, TikTok akan menjembatani konten kamu ke mereka semua yang mungkin akan suka dengan konten-konten yang Anda buat.

Tentunya dengan syarat bahwa konten TikTok kamu harus lolos dari algoritma TikTok nya sendiri.

Baca Juga : Strategi TikTok Mendisrupsi Semua Industri bisnis

cara Lolos algoritma TikTok untuk jadi viral?

Ternyata dibalik konten yang viral dan FYP, memang ada startegi nya sendiri. Jika kamu sudah memahami strategi nya, maka kedepannya konten kamu pun akan mudah untuk lolos algoritma TikTok agar selalu masuk FYP dan viral. Strateginya antara lain:

foto by unsplash

1 Gunakan Video / Topik Viral

untuk pertama setidaknya kita perlu melakukan mini riset untuk mengetahui topik apa yang sedang viral lalu menyajikannya ke dalam konten video singkat untuk TikTok. mudahnya, kamu pun bisa menggunakan musik / sound di TikTok yang sedang viral dan banyak orang pakai untuk dijadikan backsound konten video kamu.

Dengan catatan, kamu pun membawa & mengenalkan produk kamu sendiri ke dalam konten tersebut.

Atau jika bisnis kamu belum memiliki produk, kamu pun mungkin bisa memakai baju dengan logo brand yang kamu miliki sehingga orang-orang yang melihat konten kamu pun setidaknya bisa tahu dulu apa yang kamu tawarkan.

Jika konten kamu menarik dan membuat orang penasaran, biasanya orang akan semakin tertarik untuk Like, Komen, Follow, bahkan Share video TikTok kamu tersebut.

2 Gunakan Perpaduan Musik dan Efek TikTok yang Viral

Ternyata, selain menggunakan musik/sound yang sedang viral, penting juga untuk kamu menggunakan efek-efek di TikTok yang memang sedang booming dan banyak orang pakai di TikTok.

Dengan efek-efek tersebut, mungkin kamu pun bisa merangkai cerita semacam story telling yang menarik dengan memadukan sound + efek pilihan kamu.

3 Buat Video Durasi 15 Detik

Setelah memilih sound dan efek yang viral, selanjutnya yang paling penting juga adalah buat konten video dengan durasi yang tidak lebih dari 30 detik, sebisa mungkin maksimal di 15 detik.

pertanyaannya Mengapa harus 15 detik? karena mayoritas orang akan merasa malas untuk menonton hingga akhir karena durasi nya yang terlalu panjang.

Dan dalam 15 detik tersebut, khususkan 3 detik pertama cukup untuk menyajikan informasi terpenting dari konten kamu, namun dibuat semenarik mungkin agar penonton terus menonton video Anda hingga akhir. Mungkin membuat hook di 3 detik pertama memang terkadang tidak semudah itu.

Sebagai tips nya, kamu mungkin bisa mulai dengan story telling, atau bisa juga menggunakan tulisan-tulisan yang menarik perhatian orang.

Alternatif lainnya, mungkin jika Anda merasa kesulitan dalam meringkas konten video kamu ke dalam 15 detik, kamu pun bisa membuat video durasi 15 detik dengan beberapa part, seperti part 1, part 2, part 3, dan seterusnya.

4 Buat Video yang Informatif dan Menarik

Bagian ini pun tidak kalah pentingnya untuk dipikirkan secara matang. Selain informatif kamu harus menyampaikan tentang bisnis/brand kamu, kamu pun perlu untuk mengemas nya ke dalam video singkat yang menarik. Misal, biasanya ibu-ibu lebih tertarik untuk membeli sesuatu dengan jargon “murah”

Maka kamu bisa menyampaikan di video Anda kata-kata semacam “jika ibu beli barang tersebut di saya, harga nya lebih murah dan terjangkau bisa langsung di checkout sekarang juga”, atau lainnya seperti itu.

Bahkan kamu pun mungkin bisa simpan hal semacam tersebut sebagai hook di 3 detik pertama konten video TikTok kamu. Bisa dikemas dalam bentuk tulisan maupun dubbing suara. Dengan hook tersebut, TikTok akan dengan mudah membuatkan keywords untuk konten kamu.

Sehingga ketika pengguna TikTok mencari barang dengan keywords misal, “Hijab pashmina murah” maka video TikTok kamu pun bisa muncul di pencarian. Dan sekarang mungkin sebagian kamu pun bertanya, bagaimana dengan tulisan di caption?

Untuk bagian caption sendiri, kamu bisa bebas mencantumkan apapun tulisan yang kamu ingin tulis, bahkan hingga full tulisan marketing pun tidak jadi masalah untuk bagian caption. Misal semacam “Percaya gak sist, beli pashmina model ini di saya cuman 36 Ribu loh, padahal di sebelah harganya 58 Ribu.

Jadi selain memang informatif, tulisan tersebut pun mampu mengundang rasa penasaran orang terhadap produk yang kamu jual.

5 Gunakan Hastag FYP

Saat kamu menulis caption untuk konten vide di TikTok, akan ada banyak pilihan hastag viral muncul di kolom caption kamu. Untuk pilihan ini, kamu bisa menggunakan 3 hastag teratas yang sedang viral.

Dan sebagai tambahan, kamu pun bisa menambahkan hastag lainnya yang berkaitan dengan produk yang kamu jual, misal #hijabpashminakekinian, #hijabpashminamurah, dan lain-lain sesuai yang kamu mau.

Mungkin itulah juga yang jadi alasan TikTok cenderung lebih lama untuk meng up video kamu ke FYP karena tidak adanya hastag ini. Penting ya menggunakan hastag? Tentu penting karena kecepatan konten kamu untuk viral akan berbeda jauh dengan konten video yang tidak pakai hastag apapun.

6 Gunakan Thumbnail yang menarik dan Caption yang menjual

Banyak sekali content creator di TikTok membuat berbagai macam konten video tapi tidak menggunakan Thumbnail / semacam Sampul untuk video nya.

Padahal, dengan penggunaan sampul video ini dapat lebih cepat mendongkrak jumlah views konten video Anda, dan cenderung membuat orang kepo akan isi dari konten video Anda di TikTok.

Lagi, untuk bagian caption, gunakanlah bahasa se-marketing mungkin yang menarik orang untuk membuka & menonton video Anda sampai akhir.

Nah, jika Anda sudah semaksimal mungkin memenuhi keeenam syarat tersebut diatas, TikTok pun akan menjalankan algoritma nya.

Alur Algoritma TikTok?

foto by unsplash

Berbicara tentang alurnya sendiri, alur algoritma TikTok hanya ada 3, yaitu

Interaksi

Di awal mula ketika kamu ingin membuat akun di TikTok, Anda perlu tahu dulu target market bisnis/brand kamu ini siapa saja. Hal tersebut sangat penting untuk kamu mendapat audience di TikTok.

Detail Konten

Selanjutnya, ide-ide dari konten yang akan kamu buat pun tak kalah pentingnya untuk dipikirkan di awal-awal. Agar kedepannya kamu akan lebih mudah untuk secara teratur membuat konten yang sesuai dengan target market kamu.

Detail Akun

Setelah mendapat target market dan ide-ide kontennya, penting juga untuk kamu memikirkan apakah akun TikTok kamu ini akun TikTok pribadi, akun kreator, atau akun bisnis.

kamu dapat menyesuaikan nya dengan produk/jasa yang bisnis kamu tawarkan. semua syarat & alur Anda penuhi, maka kesempatan untuk bisnis Anda jadi viral pun akan jauh lebih besar lagi.

Nah itulah beberapa strategi jitu untuk kamu membuat konten video TikTok kamu FYP dan viral, yang tentu akhirnya bisa membuat kamu dongkrak jumlah Views, Followers, dan Sales agar penjualan kamu laris di TikTok.

artikel ini adalah Rangkuman dari video YouTube channel TDA TV berikut :

TEKNIK MEMBUAT KONTEN FYP DI TIKTOK

semoga rtikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *