9 Langkah Optimal Launching Produk Sukses

Dalam memulai sebuah bisnis, kira-kira hal apa yang sebenarnya menjadi masalah utama bagi kamu? Mungkin sebetulnya cukup banyak hal yang menjadi masalah utama bagi para pebisnis.

Entah itu dari sisi manapun tentu setiap bisnis yang sukses tidak luput dari yang namanya permasalahan. Tapi ternyata ada 1 masalah yang paling utama dalam memulai sebuah bisnis, yaitu produk.

Mungkin memang terkadang kebanyakan pebisnis merasa bahwa produk yang dimiliki sudah sangat bagus & unggul. Bahkan mungkin ada juga yang berasumsi bahwa produk bisnis nya akan laris manis dan segera sukses.

Namun apakah kamu sudah tahu kuncinya yang bisa membuat produk kamu jadi sukses di pasaran?

Dalam Artikel kali ini saya akan membahas 9 langkah launching produk sukses dari Coach Rex Marindo agar bisnis kamu berhasil di

pasaran.

Table of Contents
No header found

Mengapa Penting Untuk Launching Produk Sukses?

Mungkin seringkali kamu bertanya-tanya mengapa produk kamu belum laris juga di pasaran?

foto by pexels

Pertama, yang perlu kamu ketahui bahwa memang 9 dari 10 produk yang dilaunching kemungkinan besar akan gagal di pasaran. Ini lah mengapa penting bagi kamu sebagai pebisnis untuk tahu betul tahapan-tahapan yang paling tepat dari pembuatan produk hingga ke proses launching agar bisa sukses di pasaran.

Yang kedua, mungkin banyak juga dari beberapa bisnis yang sampai menghabiskan modal jutaan bahkan hingga miliaran rupiah untuk launching produk nya ke pasaran. Sehingga mungkin bisa dibayangkan apabila produk yang di launching belum pas dengan target market nya, yang ada hanya akan menambah masalah lainnya.

Belum lagi jika sampai launching produk gagal, kemungkinan besar bisnis tersebut hanya akan menumpuk utang atau mungkin investor pun akan kecewa.

Semua permasalahan diatas sebenarnya yang mendasarinya hanya 1 hal saja, tidak lain adalah produk.

Ini lah yang jadi alasan utama mengapa kamu perlu untuk memahami betul langkah-langkah yang tepat dari mulai membuat produk bisnis kamu hingga ke proses launching.

Baca Juga : 8 Strategi Personal Branding di Instagram

Siapa Rex Marindo?

Rex Marindo merupakan seorang culinary expert dan juga pendiri sekaligus CEO dari Foodizz, sekolah bisnis kuliner pertama di Indonesia.

Selain itu, sebagai seorang pengusaha muda yang sukses, Rex Marindo pun berhasil membangun bisnisnya dengan berbagai tempat nongkrong kuliner yang menjadi favorit anak muda hingga saat ini.

Sebut saja Warunk Upnormal sampai Bakso Boedjangan yang kebanyakan menjadi primadona nya anak muda dan sangat menginspirasi.

Melalui Video pembahasan di kanal youtube “Foodizz Channel” yang berjudul 9 Langkah Launching Product Sukses”, beliau menerangkan ada 9 langkah runtut yang bisa kamu ikuti ketika ingin membuat produk hingga launching agar bisa sukses di pasaran.

Jadi, kamu tidak tidak perlu khawatir karena langkah-langkah ini tentunya sudah teruji dan sering dipakai oleh para Pebisnis lainnya, tanpa terkecuali oleh beliau sendiri.

9 Langkah Launching Product Sukses di Pasaran

foto by pexels

1 Product Benchmark

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin memulai sebuah bisnis dan membuat suatu produk adalah melakukan riset.

Misal, ketika kamu ingin memulai bisnis kuliner ayam geprek, kamu perlu untuk terlebih dahulu mengumpulkan & mempelajari berbagai informasi hingga kelebihan dari masing-masing bisnis ayam geprek yang sudah ada.

Seperti apa sajiannya, harga nya, bahan-bahan nya, varian menu nya, dll. Sehingga informasi-informasi tersebut akan bermanfaat untuk bisnis Anda mengambil langkah selanjutnya.

2 Product Positioning

Setelah kamu mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari riset tadi, akhirnya kamu pun akan memiliki gambaran untuk membuat produk dengan versi kamu sendiri.

Contohnya, bisnis ayam geprek dengan keunikan kamu sendiri, seperti apa sajiannya, harganya, dll. Dari sanalah bisnis kamu akan menjadi berbeda namun unik di pasaran.

Sebagai contoh di Yogyakarta ada bisnis PrekSu, geprek susu, sajian ayam geprek namun dengan keunggulan berbeda yaitu sajian minuman susu, berbeda dari yang lainnya.

Disinilah kamu akan mulai bebas berkreasi dari berbagai informasi yang kamu dapatkan di awal melalui riset, lalu perkuat positioning kamu.

3 Product Variant

Setelah produk utama sudah kamu putuskan, maka kedepannya kamu pun akan dengan mudah membuat berbagai varian lainnya.

Contoh geprek mozarella, geprek saus mayonnaise, atau lainnya. Sajian menu semakin bervariasi, kemungkinan besar pelanggan yang datang pun semakin banyak dan bervariasi.

4 Product Testing

Selanjutnya, proses testing juga merupakan langkah yang tak kalah penting nya agar produk kamu semakin diminati oleh customer.

foto by pexels

Dengan product testing, kedepannya kamu bisa melakukan penyesuaian pada produk kamu dengan lebih baik lagi sesuai yang customer kamu inginkan.

Misal, kamu mengundang beberapa responden untuk melakukan blind testing terkait cita rasa ayam geprek milik kamu dengan milik kompetitor lebih enak mana.

Melalui proses tersebut, kamu akan semakin terarahkan lagi untuk mengembangkan produk milik kamu agar sebisa mungkin sesuai dengan keinginan target market bisnis kamu.

5 Product SOP & Resources

Pembuatan SOP untuk produk bisnis kamu juga perlu untuk dilakukan. Misal, ketika kamu memiliki banyak cabang, agar menu sajiannya pun tetap konsisten dan cita rasanya sama meski berbeda outlet, maka disinilah SOP dibutuhkan.

Untuk Resources sendiri, kamu juga perlu menyesuaikan modal yang kamu keluarkan dengan harga jualnya sebijak mungkin agar bisnis tetap profit. Namun tentunya harga yang dipasang pun harus bisa bersaing dengan kompetitor.

6 Product HPP

Setelah SOP dibuat dan Resources sudah disesuaikan, maka selanjutnya adalah menyiapkan HPP / Harga Pokok Penjualan atau mudahnya yaitu Modal.

Sambil menyiapkan HPP kamu sendiri, amatilah HPP kompetitor seperti apa agar harga jual kamu tetap bisa bersaing dengan mereka. Namun yang menjadi catatan yang paling penting di langkah ini adalah: jangan sesekali bersaing dengan harga murah.

Karena kamu juga perlu untuk bisa menyesuaikan harga jual dengan modal yang kamu keluarkan di awal agar profit pun tetap tervalidasi & didapat oleh bisnis kamu.

7 Product Packaging / Design

Sebelum produk kamu mulai launching, persiapkan packaging atau design terbaik untuk produk kamu.

Misal contoh disini yaitu, PrekSu. Di dalam packaging nya kamu bisa saja menyampaikan bahwa ayam geprek Anda berbeda dari yang lainnya dengan sajian minuman susu.

Maka disini, positioning yang kuat sangat dibutuhkan agar launching pun nantinya bisa semakin sukses.

8 Product Launch

setelah positioning kamu perkuat dengan design terbaik, maka kamu pun bisa mulai proses launching dengan masif. Jangan takut untuk melakukan promosi besar-besaran untuk produk yang ingin kamu launch ke pasaran.

Karena kunci keberhasilan bisnis Anda kemungkinan besar terletak di saat kamu melakukan product launch.

Maka sebisa mungkin beri kesan pertama semenarik mungkin untuk customer kamu agar mereka merasa puas dan akhirnya selalu datang kembali pada bisnis kamu.

9 Product Evaluation

Terakhir yaitu melakukan evaluasi. Setelah kamu berhasil melalui product launch, maka langkah selanjutnya adalah proses evaluasi.

Apakah setelah product launch sales nya naik, customer kembali lagi, dan apakah bisnis kamu akan terus profit kedepannya? Lagi, semuanya kembali pada masalah yang paling utamanya, yaitu produk.

Mungkin bisa saja setiap pebisnis memiliki langkah-langkah berbeda dalam membuat produk hingga pada proses launching.

Namun tetap 1 hal yang paling menentukan keberhasilan sebuah bisnis adalah memang produk nya sendiri.

Itulah 9 Langkah Launching Product Sukses yang bisa Anda terapkan sekarang juga dalam memulai bisnis.

Artikel ini merupakan Rangkuman dari video pembahasan Rex Marindo dalam kanal YouTube “Foodizz Channel” berikut :

9 Langkah Launching Product Sukses – Rex Marindo

semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *